Tujuan membuat surat lamaran adalah untuk memperkenalkan diri secara tertulis dengan tujuan untuk wawancara (interview) dan mengikuti test seleksi. Usahakan surat lamaran memberikan kesan positif dan meyakinkan bahwa anda layak diperhitungkan. Buatlah lamaran dan CV yang mampu mebuat HRD terkesan. Jangan hanya format standar biasa saja.


Berikut ini adalah tips-tips membuat surat lamaran pekerjaan beserta beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang ada.

Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

  1. Tampilan surat : bersih, rapi, singkat dan jelas.

    • Surat diketik rapi
    • Cetak dengan tinta yang jelas
    • Kertas surat ukuran A4 atau folio
    • Cukup satu halaman
  2. Isi Surat :

    • Bahasa surat disesuaikan dengan : bahasa iklan lowongan kerjanya, apakah perusahaan asing/patungan/nasional, adakah syarat berbahasa inggris aktif.
    • Gaya bahasa : formal, singkat, padat dan jelas, tidak bertele-tele.
    • Inti isi surat : identitas diri (nama, alamat, telp, tanggal lahir, pendidikan) dan kualifikasi (kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan syarat di iklan serta kemampuan pendukung lain yang relevan)
  3. Lampiran

    • Pas foto terbaru, berwarna, ukuran 3x4 atau 4x6 satu buah. Foto saat menggunakan pakaian formal berkerah, jangan kaos/blus.
    • Daftar Riwayat Hidup, buat sendiri, jangan menggunakan formulir yang dijual umum di toko.
    • Fotokopi ijasah.
    • Fotokopi transkrip nilai.
    • Fotokopi sertifikat pendukung.
    • Fotokopi KTP, kesehatan, dll (sesuai permintaan).

Kesalahan Fatal Dalam Membuat Surat Lamaran

Kesalahan fatal yang sering dilakukan pelamar adalah mencantumkan 2 posisi sekaligus dalam sebuah surat lamaran. Seperti :

"...saya mengajukan lamaran untuk posisi Web Design atau Programmer di perusahaan"

Jangan pernah lakukan itu atau anda tidak akan masuk seleksi!

Contoh Surat Lamaran


Bandung, 18 November 2006

Kepada Yth.
Manager Personalia
PT. Virtual Library
Jl. Map No.35
Bandung

Perihal : Lamaran Pekerjaan


Dengan Hormat,

Sehubungan dengan iklan Bapak yang dimuat di Harian Umum Pikiran Rakyat tanggal 18 November 2006, dengan ini saya mengajukan surat permohonan bekerja sebagai Web Designer di perusahaan Bapak.

Berikut ini saya sampaikan data pribadi saya,
Nama Lengkap : Martinez Meinardi
Tempat, Tanggal Lahir : Sidoarjo, 02 Mei 1982
Alamat : Jl. Rahasia No.86 Surabaya 60000
No Telepon : (031) 6049xxxx / 0817526xxxx
Pendidikan : S1, Teknik Informatika

Saat ini saya mampu mendesain web dengan baik. Saya juga mampu membuat program beserta database berbasis web, menggunakan aplikasi Macromedia Dreamweaver, Microsoft FrontPage, SQL Server, ASP, PHP, dan tools pendukung lainnya. Saya berbahasa inggris aktif. Saya bersedia melakukan perjalanan dinas keluar kota.

Meskipun saya belum mempunyai pengalaman kerja di bidang ini, namun berkat kursus web design yang saya ikuti di X College, saya yakin dapat mengerjakan tugas-tugas sebagai web designer.

Besar harapan saya dapat mengikuti tes dan seleksi wawancara. Terima kasih.


Hormat Saya,



Martinez Meinardi


Lampiran :
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Fotokopi Ijasah S1 Teknik Informatika
  4. 1 Lembar pas foto.

Contoh Daftar Riyawat Hidup


DAFTAR RIWAYAT HIDUP

A. DATA PRIBADI

Nama Lengkap : Martinez Meinardi
Tempat dan Tanggal Lahir : Sidoarjo, 02 Mei 1982
Jenis Kelamin : Laki-laki
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Kristen
Status : Belum Kawin
Identitas : KTP Surabaya No. 1234567891011
Alamat : Jl. Rahasia No.86 Surabaya 60000
Telepon : (031)6049xxxx/0817526xxxx
Web Site : http://t1-nez.blogspot.com
E-Mail : mmeinardi@yahoo.com
B. PENDIDIKAN FORMAL

2000-2004 : S1. Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS)
1997-2000 : SMAK Untung Suropati Sidoarjo
1994-1997 : SMPK Untung Suropati Sidoarjo
1988-1994 : SD Kemala Bhayangkari Porong
C. RIWAYAT PEKERJAAN

2006-2009 : Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Kr Petra 2 Surabaya
2004-2005 : Instruktur Komputer di LPPK Edutech
D. PENGALAMAN ORGANISASI

2006 : Anggota Inti KMF (Klub Melek Finansial)
200-2001 : Ketua Divisi Sofware Himpunan Mahasiswa Informatika STTS.
E. LAIN-LAIN

2006 : Menulis E-Book "Pembuatan Media Ajar Interaktif"
2006 Menulis E-Book "Pembuatan dan Perancangan Website Dinamis Menggunakan PHP"
2006 Menulis E-Book "Tips dan Trik Melamar Pekerjaan"
Demikian Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenarnya.
Surabaya, 2 Maret 2009
(Martinez Meinardi)



Untuk beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang lainnya dalam bahasa inggris dapat anda lihat disini.


Best Regards
Martinez Meinardi

Artikel yang berhubungan